Just another WordPress.com weblog

Etika dan Profesionalisme

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda?

Jawab:
Etika pada Teknologi Sistem Informasi menurut pendapat saya adalah perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia di dalam dunia Teknologi Sistem Informasi. Etika misalnya dalam membuat informasi, informasi yang dibuat haruslah benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Berhubungan dengan informasi apa yang dapat diperoleh orang seseorang atau organisasi, dan dalam kondisi seperti apa. Hak akses ini erat hubungannya dengan privasi dan security. Ada pula privasi didalam Teknologi Sistem informasi, dalam hal hak individu dalam mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang tidak berhak.

2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :

a. Pengguna Teknologi Sistem Informasi

jawab:
Mereka para pengguna yang ada di lingkungan kerja, harus bertanggung jawab untuk mengimplementasikan etika dan profesionalisme Teknologi Sistem Informasi untuk menghindari isu-isu etika yang ada.
Para pekerja dibidang teknologi informasi sangat berperan sebagai pengguna Teknologi Sistem Informasi, terbagi menjadi 3 kelompok :
- Sistem AnalisOrang yang bergelut dengan perangkat keras
- Orang yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi

b. Pengelola Teknologi Sistem Informasi

jawab:
Pada zaman ini, informasi dipandang sebagai aset atau sumber yang setara dengan sumber-sumber yang lain dan juga mempunyai kekhususan persoalan dan pengelolaannya, sehingga itu diperlukan suatu manajemen khusus yaitu Sistem Manajemen Informasi dengan pengelolanya yang khusus yaitu Manajer Informasi. Teknologi Informasi mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia pada masa ini.

c. Pembuat Teknologi Sistem Informasi.

Jawab:
Pekerjaan menuntut kita untuk menjadi seseorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja. Didalam pekerjaan kita mempunyai tanggung jawab manajerial. Harus menerima tanggung jawab secara etis seiring dengan aktivitas pekerjaan yang kita jalankan. Ini adalah sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam sistem bisnis dalam organisasi. Seorang manajer atau pebisnis profesional, akan jadi tanggung jawab kita untuk membuat keputusan-keputusan tentang aktivitas bisnis dan penggunaan teknologi informasi, yang mungkin mempunyai suatu dimensi etis yang harus dipertimbangkan dalam dunia teknologi informasi.

3. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi!
Jawab:
Contohnya virus. Virus komputer di Indonesia pada umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Untuk orang yang terkena virus, kemungkinan tidak banyak yang dapat kita lakukan. Jadi pengguna harus berhati-hati juga dalam menggunakan teknologi informasi saat ini, supaya tidak terkena virus yang bisa merugikan.

Sumber : http://nitaarsianty.wordpress.com/2013/03/17/etika-dan-profesionalisme/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/etika-dan-profesi-tsi-5/

http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_Nikomakea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: